Cara Kelola Keuangan untuk Memiliki Asuransi Jiwa


Asuransi Jiwa menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh semua orang. Di zaman seperti sekarang, bukan hanya kepala keluarga yang bisa memiliki Asuransi Jiwa, tetapi juga milenial sampai ibu rumah tangga. Tapi, untuk memiliki Asuransi Jiwa, kelola keuangan merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.

Meskipun banyak manfaatnya, memiliki Asuransi Jiwa memang tidak terlalu mudah. Banyak orang yang mengurungkan niat untuk memiliki asuransi ini karena menganggap bahwa gaji ada tidak cukup besar untuk membeli asuransi.

Mengelola keuangan juga menjadi hal yang penting sebelum memutuskan untuk memiliki Asuransi Jiwa. Anda bisa mengatur keuangan Asuransi Jiwa dengan beberapa tips dibawah ini.

Mengelola Keuangan untuk Asuransi Jiwa

Untuk bisa memiliki Asuransi Jiwa, Anda bisa mengikuti tips kelola keuangan saat punya asuransi agar keuangan keluarga bisa menjadi lebih stabil.

1. Menentukan Batasan Pengeluaran

Pengeluaran setiap orang memang berbeda-beda. Tapi, perlu Anda garis bawahi bahwa besar atau kecilnya pengeluaran bukanlah faktor bagi seseorang untuk bisa memiliki asuransi jiwa. Anda harus bisa membuat batasan pengeluaran agar tidak ada pengeluaran yang melebihi pemasukan dengan membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Banyak orang yang hanya menuruti keinginan saja ketika membeli suatu barang. Padahal, orang tersebut tidak begitu membutuhkan barang yang sudah ia beli. Hal ini tentu merupakan suatu pemborosan dan mungkin akan membuat Anda sulit untuk memiliki Asuransi Jiwa.

Akan tetapi, sebelum membuat batasan dalam pengeluaran, pastikan pula kalau Anda sudah menyisihkan keuangan Anda untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya. Seperti untuk membayar cicilan, kebutuhan rumah tangga, tabungan, dan hal lainnya yang harus Anda perhitungkan.

Setelah melakukan perhitungan, Anda bisa menyisihkan pula sebagian uang untuk membayar premi Asuransi Jiwa.

2. Membuat List Prioritas

Berkaitan dengan batasan pengeluaran, Anda juga harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Untuk bisa membedakan hal ini, Anda bisa membuat list atau daftar kebutuhan yang menjadi prioritas untuk kehidupan Anda khususnya selama sebulan. List prioritas ini berguna sebagai catatan bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan penting terlebih dahulu.

Lalu di mana letak membeli Asuransi Jiwa? Membeli Asuransi Jiwa dapat Anda letakkan pula dalam list prioritas. Pasalnya, Asuransi Jiwa merupakan salah satu cara untuk Anda menjaga stabilitas keuangan Anda. 

List kebutuhan prioritas dapat Anda lakukan dalam jangka sebulan setiap Anda akan menerima gaji dari kantor. Mulai dari kebutuhan paling urgent hingga hal yang tidak begitu urgent. Jika dalam melakukan listing ternyata keuangan Anda tidak mencukupi, setidaknya Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Sebelum memilih produk asuransi juga Anda harus menyesuaikannya dengan keuangan yang Anda miliki. Seperti hal nya Allianz Life Indonesia, Anda bisa melihat jenis-jenis asuransi yang mereka tawarkan melalui website.

3. Membuat Rekening untuk Tabungan

Menabung memang merupakan hal yang sulit dan membutuhkan tingkat disiplin yang cukup kuat. Bahkan, seringkali seseorang akan menabung hanya jika ada sisa dari uang gajiannya. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda harus segera menemukan cara agar bisa menabung secara konsisten.

Salah satu cara untuk mengelola keuangan adalah dengan memisahkan rekening untuk menabung dengan rekening transaksi kebutuhan sehari-hari. Memisahkan tabungan akan membantu Anda untuk mencapai target menabung.

Apabila target tabunganmu sudah tercapai, kamu bisa menggunakannya untuk membeli asuransi dan juga membayar preminya. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa keberatan untuk memiliki Asuransi Jiwa.

4. Menyisihkan Dana Darurat

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menyisihkan dana darurat. Tidak ada seorangpun yang mengetahui masa depan. Musibah, penyakit, meninggal, bahkan pandemi tidak ada yang bisa memprediksinya.

Memiliki dana darurat merupakan salah satu antisipasi dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari. Tidak ada seorangpun yang menduga bahwa pandemi melanda dunia. Tidak ada yang menduga bahwa untuk menjalani hidup, mereka harus beradaptasi dengan menggunakan hand sanitizer, memakai masker, dan lain sebagainya.

Selain untuk hal terduga, dana darurat juga dapat Anda gunakan untuk membayar premi asuransi kesehatan ketika Anda kehabisan uang pada saat itu. Jangan sampai Anda tidak membayar premi asuransi agar Anda tidak mengalami kendala pada saat melakukan pengajuan klaim asuransi suatu hari nanti.

Mengetahui Cara Membeli Asuransi Jiwa

Sebelum memutuskan untuk membeli Asuransi Jiwa. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

1. Pertimbangan Umum

Menentukan objek terlebih dahulu yang akan Anda asuransikan dan juga menimbang jenis asuransi yang bisa melindungi objek tersebut. Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan agen atau melihat produk asuransi di website perusahaan.

Setelah Anda menentukan objek, cara mempunyai Asuransi Jiwa selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan asuransi terbaik, seperti Allianz Life Indonesia. Allianz Life Indonesia memiliki reputasi dan pelayanan yang baik. Selain itu, Allianz Life Indonesia juga memiliki metode penjualan, kekuatan keuangan, dan kinerja yang bisa kamu jadikan pertimbangan pula.

2. Pertimbangan Spesifik

Untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat, jangan lupa untuk memahami detail dari polis asuransi agar Anda dapat memahami hak dan kewajiban Anda dengan baik.

Jika terdapat kebingungan dalam memahami polis, Anda dapat menanyakan detail informasi mengenai polis ataupun produk ke agen perusahaan. Allianz Life Indonesia juga memiliki agen dan juga customer service yang dengan senang hati akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Setelah mengetahui cara membeli asuransi, berikut ini terdapat beberapa jenis asuransi dari Allianz Life Indonesia yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis Asuransi yang Tepat

Terdapat banyak produk asuransi yang bisa Anda pilih. Tetapi, setiap produk asuransi memiliki manfaat yang berbeda pula. Karena banyaknya produk yang bisa Anda pilih, maka kenalilah terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan dan juga melihat dari sisi prioritas kehidupan Anda untuk mencocokkannya dengan manfaat dari produk asuransi.

Setelah mengetahui bagaimana mengatur keuangan untuk Asuransi Jiwa, ada jenis-jenis asuransi yang bisa Anda simak.

1. Asuransi Jiwa

Dalam kehidupan ini tidak ada hal yang lebih penting selain kesehatan dan keselamatan keluarga.

Asuransi Jiwa merupakan produk asuransi andalan dari Allianz Life Indonesia. Pasalnya, Asuransi Jiwa ini memiliki manfaat yang cukup banyak yang sudah mereka rancang sebaik mungkin untuk bisa melindungi ahli waris dari beban finansial.

Tujuan dari produk asuransi ini adalah untuk bisa melindungi orang-orang yang biasa menjadi sumber penghasilan atau kepala keluarga. Maka dari itu, Asuransi Jiwa ini banyak digunakan khususnya oleh kepala keluarga agar senantiasa terlindung menggunakan Asuransi Jiwa.

Asuransi Jiwa ini juga bisa digunakan oleh nasabah Allianz Life Indonesia lainnya. Tetapi, nasabah tersebut harus memenuhi persyaratan yang ada. Karena Asuransi Jiwa ini juga akan memberikan perlindungan dari penyakit kritis dan investasi.

Untuk jenis produk atau pilihan mengenai Asuransi Jiwa Allianz Life Indonesia, dapat Anda lihat melalui laman website Allianz Life Indonesia.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ini adalah salah satu asuransi yang biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dan keluarganya. Tapi, banyak pula keluarga yang tidak bekerja di perusahaan memiliki asuransi kesehatan ini.

Produk asuransi ini memiliki tujuan secara umum untuk reimburse biaya pengobatan dan juga perawatan berdasarkan rencana yang sudah nasabah pilih dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan.

Akan tetapi, dari manfaat yang perusahaan janjikan, terdapat pula batasan maksimum untuk nasabah melakukan reimburse. Biasanya pembatasan ini terdapat dalam satu periode masa berlaku yang tertera di polis asuransi.

Seluruh produk asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia akan memberikan manfaat dasar untuk rawat inap pasien. Beberapa produk Allianz Life Indonesia juga memberikan manfaat untuk memberikan biaya rawat jalan, perawatan gigi, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang paling tepat untuk Anda dan keluarga dengan mengkonsultasikannya dengan agen Allianz Life Indonesia.

3. Asuransi Properti

Terdapat banyak sekali cara untuk bisa melindungi properti yang dimiliki. Tapi, siapa yang mengetahui kapan musibah datang? Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan asuransi properti atau asuransi terhadap tempat tinggal.

Asuransi properti ini memiliki tujuan untuk melindungi atau memberikan manfaat secara finansial apabila terjadi kerusakan terhadap rumah dan juga isi di dalamnya saat musibah melanda. Di Indonesia sendiri, terdapat jenis asuransi properti untuk kebakaran dan juga all risk.

Asuransi properti kebakaran ini hanya ditujukan untuk melindungi properti dari insiden kebakaran. Sedangkan asuransi properti all risk bertujuan untuk melindungi properti dari segala ancaman seperti perampokan hingga banjir.

Umumnya, asuransi properti ini memiliki premi yang sangat terjangkau. Anda bisa membeli produk asuransi ini untuk bisa melindungi properti Anda dari musibah yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

4. Asuransi Kendaraan

Kendaraan merupakan hal yang wajib dimiliki khususnya orang-orang yang bekerja di ibu kota. Alat transportasi menjadi hal utama untuk bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Tapi, apakah Anda yakin bahwa kendaraan Anda sudah aman dari resiko yang mungkin terjadi?

Dengan resiko tinggi yang ada, cobalah untuk memiliki asuransi kendaraaan agar dapat kendaraan Anda hingga penumpang dapat terlindungi dengan baik. Allianz Life Indonesia sendiri memiliki tiga pilihan produk yang akan memberikan manfaat yang berbeda-beda. Mulai dari biaya kerusakan yang sedikit maupun besar, kehilangan, dan juga lainnya.

5. Asuransi Pendidikan

Agar buah hati mendapatkan pendidikan terbaik adalah keinginan terbesar bagi setiap orang tua. Untuk memberikan pendidikan terbaik ini, orang tua harus membuat persiapan berupa dana pendidikan sejak kelahiran atau sebelum anak lahir ke dunia.

Dana pendidikan ini menjadi salah satu usaha untuk bisa menghadapi biaya sekolah yang cukup mahal dan terus meningkat setiap tahunnya. Pasalnya, dana pendidikan yang Anda siapkan dari jauh hari tentu akan meringankan Anda saat akan melakukan pembiayaan.

Asuransi pendidikan ini memberikan peluang bagi para orang tua untuk merencanakan pencairan dana pada waktu tertentu. Kemudian, manfaat lainnya yang diberikan adalah bisa dicairkannya uang pertanggungan apabila orang tua mengalami musibah atau meninggal. Uang tersebut akan diberikan kepada ahli waris dari orang tua atau pemegang polis tersebut.

Kesimpulan

Asuransi adalah upaya yang bisa Anda lakukan untuk melindungi berbagai hal. Mulai dari jiwa, kesehatan properti, kendaraan kesayangan, dan pastinya untuk mempersiapkan pendidikan terbaik bagi anak.

Tapi, memiliki asuransi harus diikuti dengan kemampuan kelola keuangan dengan baik. Anda bisa menentukan batasan untuk pengeluaran, membuat daftar prioritas, membuat rekening tabungan, dan juga menyisihkan dana darurat.

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara menjaga kesehatan | Polis Asuransi

 

Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15 

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, 

Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / ContactUs@allianz.co.id

Google Maps:


FAQ

  • Bagaimana cara mengelola keuangan untuk dapat memiliki Asuransi Jiwa?
    Jawab: Pertama Anda harus bisa membuat batasan pengeluaran agar tidak ada pengeluaran yang melebihi pemasukan dengan membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kemudian Anda bisa membuat list atau daftar kebutuhan yang menjadi prioritas untuk kehidupan Anda khususnya selama sebulan. Lalu salah satu cara untuk mengelola keuangan adalah dengan memisahkan rekening untuk menabung dengan rekening transaksi kebutuhan sehari-hari. Memisahkan tabungan akan membantu Anda untuk mencapai target menabung. Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah menyisihkan dana darurat. Memiliki dana darurat merupakan salah satu antisipasi dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga di kemudian hari.


  • Hal apa saja yang menjadi pertimbangan sebelum membeli Asuransi Jiwa?

Jawab: Sebelum memutuskan untuk membeli Asuransi Jiwa. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Diantaranya adalah pertimbangan umum yang menentukan objek terlebih dahulu yang akan Anda asuransikan dan juga menimbang jenis asuransi yang bisa melindungi objek tersebut. Setelah Anda menentukan objek, maka selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan asuransi terbaik, seperti Allianz Life Indonesia. Untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat, jangan lupa untuk memahami detail dari polis asuransi agar Anda dapat memahami hak dan kewajiban Anda dengan baik.

  • Apa saja jenis-jenis asuransi yang bisa didapatkan di Allianz Life Indonesia

Jawab: Pada Allianz Life Indonesia terdapat beberapa jenis asuransi, salah satunya adalah Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Properti, Asuransi Kendaraan, Asuransi Pendidikan

No comments for "Cara Kelola Keuangan untuk Memiliki Asuransi Jiwa"