Perbedaan Kata Emphaty, Symphaty dan Apathy Serta Contohnya


Perbedaan kata emphaty, symphaty dan apathy sering sekali membuat orang bingung. Kata "empati" dan "simpati" keduanya terkait dengan bagaimana kamu menanggapi perasaan orang lain. Sementara apathy atau apatis adalah tidak memiliki emosi atau rasa apapun. Tetapi ada perbedaan tipis antara istilah-istilah ini.

Jadi untuk membantu Anda menghindari kesalahan ketika mengucapkannya, maka ada baiknya kamu tahu cara menggunakan ketiga kata dengan benar dan seperti apa contohnya. 

Perbedaan Kata Emphaty, Symphaty dan Apathy

1. Emphaty

Kata benda “empati” mengacu pada kemampuan untuk berbagi dan memahami emosi orang lain seolah-olah mereka adalah milik kamu sendiri. Orang-orang sering menyebut kata ‘empati’ ini seperti berjalan di"sepatu orang lain", mengetahui bagaimana rasanya berjalan atau dapat membayangkan diri sendiri merasakan perasaan orang lain dan berbagi sudut pandang mereka seolah-olah kamu adalah mereka. Contoh :

  • I feel sorry for your father's death
  • I know how it feels to lose, please accept my condolences

2. Simphaty

Simphaty atay "simpati" juga merupakan kata benda dan terkait dengan perasaan. Tetapi kata ini mengacu pada perasaan kasihan pada orang lain daripada berbagi masalah mereka. Misalnya, kamu mungkin merasa kasihan pada para korban kecelakaan, tetapi tidak tahu bagaimana rasanya berada di tempat mereka. 

Inilah sebabnya mengapa orang-orang Indonesiea sering mengirim karangan bunga sebagai ungkapan "simpati" kepada seseorang yang berduka atas kehilangan orang yang dicintai. Contoh simpati dalam kalimat adalah :

  • The president came to the site of a natural disaster and expressed his sympathy
  • Many indonesians sympathize with the flood victims and raise funds

3. Apathy 

Apatis berarti kurangnya emosi, perasaan, perhatian atau gairah. Artinya, kamu tidak tertarik pada apa pun yang biasanya dianggap menarik atau menggairahkan. 

Ada hubungan kuat antara apatis dan gangguan kesehatan mental. Apatis adalah gejala utama skizofrenia. Banyak orang dengan skizofrenia mengungkapkan sedikit minat pada peristiwa di sekitar mereka. Contoh penggunaan apatis adalah :

  • Don't be sad for too long, death is a sure thing
  • Why do you have to cry for so long? Please, move on!

Contoh emphaty, symphaty dan apathy dalam kalimat di atas sudahkah membantu kamu lebih memahami perbedaan di antara ketiganya? Memahami perbedaan kata emphaty, symphaty dan apathy adalah hal yang perlu kamu lakukan supaya tidak salah dalam mengucapkan kalimat. Mau lebih pandai dalam membuat kalimat dalam bahasa Inggris? Belajar yuk bersama EF English Center!

No comments for "Perbedaan Kata Emphaty, Symphaty dan Apathy Serta Contohnya"