Rawat Rumah dengan Beberapa Cara Ini


Membangun rumah memang menjadi hal membanggakan tersendiri untuk banyak orang. Sayangnya, setelah rumah selesai dibangun, banyak orang lupa untuk merawatnya dengan baik. Bahkan, beberapa orang terkesan cuek dan tidak menghiraukan kondisi rumah mereka. Padahal, kenyamanan rumah adalah hal nomor satu.

Perawatan rumah memang harus dilakukan. Merawat rumah harus dilakukan mulai dari lantai rumah dengan lapisan SPC Vinyl hingga dinding rumah yang membutuhkan pengecatan ulang. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan setiap sudut rumah agar kebersihan rumah tetap terjaga. Berikut ada beberapa cara merawat rumah yang wajib kamu ketahui.

Memeriksa kondisi fisik rumah

Kondisi rumah masih bagus atau layak ditinggali bisa dilihat dari kondisi fisik rumah tersebut. Banyak rumah yang kondisinya sudah tidak layak ditinggali, mulai dari atap yang bocor, lubang di beberapa bagian hingga kerusakan lainnya. Bila hal ini terjadi pada rumahmu, kamu harus segera memperbaikinya. Kamu bisa memanggil tukang bangunan untuk merenovasi bagian-bagian yang rusak. Jangan biarkan kerusakan tersebut bertahan lama karena akan membuat rumah terlihat usang dan tentunya kamu tidak akan merasa nyaman. 

Lakukan perbaikan kecil secara berkala

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu perlu melakukan perbaikan kecil secara berkala di setiap sudut rumah. Ada lantai yang retak? segera perbaiki, ada atap yang bocor? segera panggil ahlinya untuk mencegah kebocoran semakin berlanjut. 

Periksa furniture rumah tangga

Lakukan pengecekan secara berkala pada furnitur di rumah seperti sofa, coffee table, meja makan, meja kerja, lemari, dan lainnya. Sofa bisa kotor lantaran ada sisa makanan. Lakukan penyedotan dengan vacuum cleaner secara rutin. Noda atau goresan bisa terlihat pada meja makan atau coffee table. Lakukan perbaikan dengan segera. Cek juga kursi yang ditaruh di beranda. Apakah warnanya mulai memudar lantaran terkena air hujan dan sinar matahari?

Cek peralatan elektronik

Kamu memiliki sejumlah peralatan elektronik seperti AC, televisi, dispenser, mesin cuci, kulkas, dan lainnya.  Lakukan pembersihan AC setiap tiga bulan sekali. Isi freonnya agar pendingin udara tetap sejuk setiap saat.  Mesin cuci yang dipakai setiap hari lama kelamaan bisa rusak. Begitu juga dispenser, microwave, dan lainnya.  Biasanya setelah beberapa tahun, ada peralatan elektronik yang rusak dan tidak bisa diperbaiki. Kamu harus membeli peralatan elektronik yang baru. Jangan lupa untuk menggunakan Cable Support System agar kabel-kabel dari barang tersebut tetap tertata rapi. 

Dengan merawat rumah, kamu jadi lebih nyaman berada di rumah tersebut. Rumah kamu juga akan terlihat lebih terawat dan tidak ada bagian-bagian yang bocor. Segera lakukan perbaikan jika ada masalah yang terjadi.

No comments for " Rawat Rumah dengan Beberapa Cara Ini"