Trik Agar Bisnis Terhindar Dari Kerugian


Hutang adalah jumlah uang yang didapatkan untuk dana yang dipinjam. Pemberi pinjaman setuju untuk meminjamkan dana kepada peminjam atas janji peminjam untuk membayar bunga atas utangnya, biasanya bunga yang harus dibayar secara berkala. Seseorang atau bisnis memperoleh hutang untuk menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan operasional bisnis atau pembelian modal.

Dalam suatu bisnis, hutang juga dapat digunakan sebagai sumber dana untuk membeli kembali saham dalam bisnis atau untuk mengakuisisi bisnis lain. Hutang dapat dijamin dengan aset entitas lainnya, yang akan menjadi milik pemberi pinjaman jika pemilik bisnis tidak dapat membayar kembali hutangnya. Hutang bisa berdampak buruk pada kerugian bisnis Anda jika tidak dikelola dengan baik. Mau tahu cara agar bisnis terhindar dari hutang dan kerugian?

Cara Agar Bisnis Terhindar dari Hutang yang Mengakibatkan Kerugian

1. Tingkatkan Pendapatan Anda

Anda membutuhkan uang untuk melunasi hutang Anda. Untuk memiliki lebih banyak uang, Anda perlu meningkatkan pendapatan Anda. Coba gunakan taktik untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Buat promosi untuk menghasilkan minat dari pelanggan. Anda mungkin bisa mengadakan obral khusus atau membagikan kupon.

Promosi dapat mendorong orang untuk membeli lebih banyak dari produk atau layanan bisnis Anda. Tetapi berhati-hatilah! Mendiskon produk atau layanan Anda terlalu banyak akan menghalangi Anda untuk meningkatkan pendapatan.

Anda mungkin bisa menaikkan harga Anda. Lihat margin Anda. Jika Anda memiliki margin rendah, Anda mungkin bisa meningkatkannya. Menaikkan harga mungkin akan membuat beberapa pelanggan takut.

Namun, jika Anda memperjelas nilai produk atau layanan, kemungkinan besar Anda akan memiliki banyak pelanggan yang akan membayar kenaikan harga tersebut. Anda juga dapat meningkatkan pendapatan dengan mengosongkan kelebihan inventaris. Jika Anda memiliki persediaan barang, Anda dapat mencoba menjualnya.

2. Buat Pelanggan Membayar Lebih Cepat

Jika Anda menagih pelanggan dengan faktur, Anda akan mengalami jeda antara saat pelanggan melakukan pembelian dan saat mereka membayar Anda. Untuk mendapatkan uang lebih cepat, Anda perlu membuat pelanggan Anda juga membayar lebih cepat.

Persingkat persyaratan pembayaran Anda. Jika saat ini Anda memberi waktu 90 hari kepada pelanggan untuk membayar, Anda dapat mempersingkatnya menjadi 45 hari untuk pembelian di masa mendatang.

Semakin lama jangka waktu pembayaran Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima pembayaran. Selain itu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan melacak pelanggan yang terlambat membayar.  Periksa catatan Anda untuk faktur terutang. Hubungi mereka dan ingatkan tagihannya.

3. Kurangi Biaya Operasional Anda

Jika Anda memiliki hutang bisnis kecil, Anda mungkin hanya membelanjakan untuk hal-hal yang menurut Anda benar-benar Anda butuhkan. Tetapi, jika Anda memiliki hutang dalam jumlah besar dan sedang berjuang untuk memulihkannya, Anda mungkin bisa lebih mengurangi pengeluaran Anda.

Ketika masa-masa sulit, Anda harus benar-benar menganalisis apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Cari apa pun yang dapat Anda potong dari anggaran untuk menghemat uang. Bahkan hal-hal yang Anda anggap sebagai kebutuhan mungkin sebenarnya bukan kebutuhan.

Memang tidaklah mudah menghindari hutang dalam sebuah bisnis. Namun, pastikan Anda bisa mencatatnya dengan teliti agar hutang  bisa segera terbayar. Unduh aplikasi bernama “Buku Kas” untuk mencatat segala hutang bisnis Anda. Ingat! Hutang yang makin banyak hanya akan merugikan bisnis Anda.

No comments for "Trik Agar Bisnis Terhindar Dari Kerugian"