Mengulas Tentang Manfaat Asuransi Jiwa dan Fakta Asuransi


Asuransi merupakan bentuk dari kesepakatan antara dua pihak yang memberikan jaminan terhadap hal yang telah dijanjikan. Adanya asuransi ini untuk menanggung masalah finansial yang dihadapi oleh tertanggung. Asuransi kerugian diberikan jika terdapat kerugian maupun kerusakan terhadap penurunan kegunaan dan asuransi jiwa yang digunakan untuk melindungi keluarga dari tertanggung jika nasabah meninggal dunia sebagai sumber nafkah utama. Manfaat asuransi jiwa tidak hanya untuk proteksi tetapi menjamin masa depan keluarga dengan kecukupan finansial.

Berikut adalah manfaat asuransi jiwa diantaranya:

  • Menjadi investasi dimana pengembaliannya ketika kontrak berakhir, biasanya jenis asuransi ini lebih fleksibel karena memiliki jangka waktu 5, 10 maupun 20 tahun.
  • Memberikan ketenangan bila membutuhkan dana darurat dan kenyamanan ketika menghadapi berbagai kendala yang sedang terjadi.
  • Meminimalkan kerugian dengan adanya uang pertanggungan yang diberikan dan keluarga jauh lebih santai dalam menghadapinya.


Asuransi jiwa juga memberikan manfaat untuk mengatur keuangan yang lebih baik dan membantu seseorang untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk asuransi. Asuransi jiwa juga berfungsi menjadi tabungan masa depan karena apabila kontrak berakhir maka akan memperoleh hasil yang memuaskan. Asuransi jiwa akan mempersiapkan seseorang menghadapi berbagai resiko yang ada didepan meskipun resiko tersebut datang tidak terduga namun asuransi akan membantu menutupi berbagai kerugian finansial yang timbul.

Berikut adalah beberapa fakta asuransi diantaranya:

  • Tujuan utama adanya asuransi adalah untuk proteksi bukan investasi walaupun saat ini terdapat asuransi unitlink dengan fitur manager investasi profesional namun tujuan utamanya tetap asuransi karena cukup banyak yang mengalami patah hati karena asuransi unitlink.
  • Investasi dalam asuransi unitlink merupakan investasi untuk jangka panjang diatas 10 tahun, dari tahun pertama hingga 5 tahun uang premi digunakan dalam membayar biaya pemeliharaan dan jumlah akan meningkat dan akhirnya investasi sepenuhnya berjalan pada tahun ke 6 dan selanjutnya.
  • Tahun pertama pembelian asuransi digunakan untuk biaya pemeliharaan diantaranya untuk komisi agen asuransi dan uang akuisisi.


Selain itu, jumlah nilai pada polis proposal asuransi hanya perkiraan bukan jaminan dan hal ini yang membuat banyak nasabah tertarik dengan asuransi unitlink dengan manfaat asuransi jiwa untuk investasi dan tabungan. Angka pada nilai polis hanya disesuaikan pada estimasi pertumbuhan investasi setiap tahunnya. Fakta lain terkait asuransi adalah jika ingin berencana membeli asuransi maka hal yang penting diputuskan adalah jumlah uang pertanggungan. Rumus untuk mendapatkan uang pertanggungan ideal adalah total biaya bulanan yang digunakan keluarga dikalikan 12 bulan dibagi dengan deposito yang berlaku. akan semakin rendah premi karena resiko mengalami sakit dan meninggal semakin kecil oleh karena itu banyak perusahaan asuransi memperhatikan kesehatan dari status dan usia merokok.

Sumber : https://ilovelife.co.id/blog/manfaat-asuransi-jiwa-tak-cuma-bisa-dinikmati-nanti-tapi-juga-saat-ini/

No comments for "Mengulas Tentang Manfaat Asuransi Jiwa dan Fakta Asuransi"