Daftar Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Virus Corona


Kasus mengenai virus corona di Indonesia kini sudah mencapai lebih dari 9 ribu pasien postif, dengan 1000 lebih pasien mengalami kesembuhan dan setidaknya ada sekitar 700 lebih meningga dunia pada tanggal 26 April 2020. Sementara itu disisi lain masih ada ribuan orang dalam pengawasan yang berisiko positif terhadap virus corona ini. Awal kemunculan virus ini berasal dari Wuhan, China. Menurut beberapa ahli virologi menyebutkan bahwa penyebab munculnya virus ini dikarenakan kebudayaan masyarakat setempat banyak mengonsumsi hewan-hewan liar seperti tikus, kelelawar, dan laiinnya. Untuk mendeteksi awal adanya virus corona ini kalian bisa meakukan rapid test, yang bisa kalian lakukan secara gratis dengan mendatangi beberapa rumah sakit di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya yang telah bekerjasama dengan Halocod.com. Dengan jangka waktu penyebaran yang relatif cepat menjadikan kita harus selalu waspada terhadap penyebarannya, salah satu yang bisa kita lakukan adalah melakukan test sedini mungkin. Berikut adalah berapa alat yang dapat digunakan sebagai alat untuk mendeteksi virus corona;

Alat pendeteksi virus corona dari Singapura

Singapura mengklaim memiliki alat untuk mendeteksi virus corona terbaru yang diberi nama HTX Covid-19 yang dapat digunakan untuk memeriksa sampel yang sebelumnya telahdikumpulkan di pos pemeriksaan Singapura. Alat ini mulai diluncurkan pihak kementrian kesehatan Singapura sejak tanggal 5 Maret 2020. Mereka beranggapan bahwa alat ini dapat mengeluarkan hasil tes corona virus dalam jangka waktu 3 jam saja. Tidak hanya untuk mengetahui dan mendeteksi virus corona yang ada di dalam tubuh manusia saja, alat test corona virus ini juga dapat mengetahui seberapa tinggi tingkat keparahan virus corona yang diderita oleh pasien tersebut, dengan hasil akurat hingga 99 persen. Pihak HSA atau Health Sciences  Authority sudah mengakui hasil dari diagnosis alat tersebut.

Alat pendeteksi virus corona dari Jepang

Kementrian kesehatan Jepang mengklaim dapat melayani hingga 7 ribu orang setiap harinya dengan menggunakan alat test ini.  Selain itu para dokter juga diperbolehkan dengan bebas dan tanpa iizin untuk melakukan pengujian. Dalam penggunaan alat test ini para dokter menggunakan metode reagen yang biasanya juga digunakan untuk menyaring noro virus. mendeteksi corona virus melalui tes polymrase chain reaction test,  dapat dilakukan dalam waktu 6 jam saja. Namun untuk pengambilan DNA dari virus dengan menggunakan varian PCR melalui test Shimadzu, dokter hanya membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Rapid test drive THRU 

Tes ini dilakukan dengan cara menggunakan sampel darah untuk diuji. Sampel darah ini yang akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin yang merupakan antibodi yang terbentuk akibat proses perlawanan dan penyembuhan diri dari virus corona yang terdapat di dalam tubuh. penggunaan alat rapid test jenis juga dilakukan oleh layanan jasa halodoc.com sebagai cara untuk mendeteksi adanya virus korona didalam tubuh pasien, dengan melayani di area sekitar Jabodetabek saja. Penggunaan alat ini dapat mengidentifikasi secara cepat pada pasien di masa tahap awal terjangkitnya virus corona didalam tubuh.

Melalui layanan halodoc kalian bisa mendaftarkan diri untuk melakukan rapid test. Cukup dengan mendaftarkan  diri kalian melalui aplikasi halodoc.com kemudian pilih waktu dan lokasi untuk melakukan test serta melakukan pembayaran, kalian sudah dapat melakukan rapid test dengan mudah dan sesuai dengan area kalian. Kalian hanya perlu menunggu sms konfirmasi untu memastikan jadwal rapid test yang akan kalian jalani. Untuk itu sms konfirmasi tersebut harus kalian simpan sebagai bukti registrasi ketika hendak melakukan tes tersebut dan jangan sampai menghapusnya sebelum kalian melakukan tes tersebut.

No comments for "Daftar Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Virus Corona"